Minggu, 16 Oktober 2011

Realisasi Anggaran 45 Persen, Mendekati WTP

. Minggu, 16 Oktober 2011

TARAKAN-Sejumlah daerah di Kaltim mengalami defisit APBD. Namun tidak dengan kota Tarakan yang justru berimbang. Ini akan menjadi pertanda baik untuk kota Tarakan bisamendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Alhamdulilah dalam pengelolaan anggaran Pemkot Tarakan tidak defisit, kita bersyukur tidak seperti daerah lain yang harus mengevaluasi program-program kegiatan lantaran anggaran yang tidak berimbang,” kata Badrun.

Untuk itu, dirinya mengaku bangga tahun anggaran ini pemkot Tarakan tidak mengalami defisit seperti daerah lain, dan dirinya berharap prestasi ini dapat dipertahankan untuk proyeksi tahun anggaran 2012 mendatang.

Sesuai dengan ketentuan pengelolaan anggaran, pada penggunaan anggaran perubahan yang mendekati akhir tahun ini, pemerintah kota masih mengacu pada progress realisasi murni dari APBD 2011.

“Kedua, pemerintah kota juga akan beradaptasi dengan perkembangan kegiatan selama tahun anggaran 2011, mulai dari bulan Januari sampai sekarang apa-apa saja yang mengalami perkembangan,” kata Badrun.

Perkembangan-perkembangan tersebut bisa melalui reses maupun berbagai perkembangan yang terjadi di lapangan. Apa saja yang menjadi kendalanya, termasuk manajemen dan lain sebagainya. “Apakah ada regulasi yang berubah dan sebagainya,” tutur Badrun.

Terkait realisasi anggaran, pemerintah kota terus melakukan evaluasi apakah memang alokasi anggaran sudah tepat, termasuk transfer anggaran dari pusat apakah sudah dilaksanakan kemudian direalisasikan di daerah.

“Kita bersyukur realisasi anggaran kita berkisar 45 persen dan terjadi peningkatan. Ini membuktikan bahwa pemerintah kota benar-benar bekerja keras dan tidak pernah main-main,” ucapnya.

Pihaknya berharap, prestasi capaian 45 persen realisasi anggaran ini akan mendukung target pemerintah kota untuk mendapatkan WTP pada tahun 2012 mendatang.

Pasalnya, dalam penetapan WTP, kalender penetapan dan pengesahan anggaran APBD akan menjadi bagian dari persyaratan, juga dilihat dari bagaimana kepatuhan terhadap aturan dan sebagainya. “Insya Allah kita hampir WTP,” pungkasnya.(ddq/lhl)

Sumber : kaltimpost.co.id (16 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com