Minggu, 09 Oktober 2011

Sebelum Jatuh Korban, Pohon Tua Ditebang

. Minggu, 09 Oktober 2011

TARAKAN-Lantaran dianggap sudah tua, dua pohon besar di Jl Halmahera kemarin pagi terpaksa dilakukan penebangan. Menurut Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tarakan Subono, pohon-pohon besar yang dipotong kemarin adalah pohon-pohon yang usianya sudah tua dan tidak produktif lagi.

“Pohon-pohon ini sudah kering dan dikhawatirkan bisa membahayakan warga yang melintas jika terjadi angin kencang,” kata Subono.

Langkah ini dilakukan DKPP Tarakan lebih awal, sebelum terjadi musibah pohon tumbang seperti di kota-kota besar yang dapat menimbulkan korban jiwa.

“Sebenarnya juga ada permintaan dari Rumkital yang berada di sekitar pohon tersebut. Dan kami juga telah menyurati dan menyarankan agar dipangkas demi keselamatan bersama,” kata Subono.

Penebangan pohon-pohon besar seperti ini, jelas mantan kepada BPLH, hanya dilakukan jika mengganggu utilitas dan rawan terhadap bangunan. “Artinya penebangan dilakukan terpaksa jika ada keperluan saja dan Penanaman jelas akan dilakukan untuk menggantikan pohon yang tua tersebut,” ulasnya.

Sebagai gantinya, dalam beberapa hari ini DKPP Tarakan kembali akan melakukan penanaman, khususnya pohon-pohon peneduh di sepanjang jalan-jalan protocol, termasuk di Jalan Halmahera.

Pihaknya juga mengimbau kepada warga agar tetap merawat pohon-pohon peneduh yang telah ditanam di pinggir-pinggir jalan. “Yang jelas kita perlu merawat pohon agar dia menjadi cantik dan indah dipandang mata,” ujarnya.

Namun demikian, untuk melakukan pemeliharaan terhadap pohon-pohon besar, saat ini DKPP masih terkendala dengan belum lengkapnya alat-alat khusus untuk pohon-pohon yang tinggi. Seperti tangga dan peralatan lainnya. “Minimal untuk membentuk daun pohon menjadi cembung sehingga tidak terkesan tumbuh liar,” tandasnya.

Untuk peralatan pohon tinggi tersebut, pihak DKPP memang telah mengajukan pengadaan di tahun anggaran 2012. Khususnya untuk peralatan terhadap perawatan pohon-pohon besar. “Untuk tahun 2011 ini kita hanya pengadaan peralatan lampu jalan dan tangga,” tuturnya.(ddq/lhl)

Sumber : kaltimpost (2 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com