Jumat, 14 Oktober 2011

TNI Gadungan Tersandung Penipuan Rp 6 Juta

. Jumat, 14 Oktober 2011

TARAKAN - Nasib Eko Sulistiono yang mengaku sebagai anggota TNI akhirnya berakhir di penjara. Sejak Rabu (12/10) sore pria yang mengaku berpangkat kapten dan bertugas di Yonif 613 Raja Alam itu dijebloskan ke sel polisi dengan sangkaan melanggar pasal 378 KUHP yang ancaman hukumannya 4 tahun penjara. “Kalau pasal ini ancaman hukumannya memang dibawa 5 tahun penjara. Namun merupakan pasal pengecualian sehingga bisa dilakukan penahanan,” jelas Kapolres Tarakan AKBP Drs Agustinus Budi Prasetyo SH MH, melalui Kasubag Humas AKP Subarjo.

Kepada Radar Tarakan Subarjo menjelaskan, tersangka ditahan lantaran terbukti melakukan penipuan terhadap korban, Wiwin yang diketahui mahasiswi Akper Kaltara semester 3. “Karena dengan bujuk rayu yang mengaku sebagai anggota TNI berpangkat kapten terhadap korban, sehingga korban memberikan uang sebanyak kurang lebih Rp6 juta kepada tersangka,” tegasnya. Wiwin sendiri seperti pengakuan Eko, adalah pacarnya.

Seperti diberitakan, tersangka ditangkap oleh anggota Kodim 0907 Tarakan Rabu pagi, setelah mendapatkan informasi dari keluarga korban di Tanjung Selor. Keluarga mulai mencurigai Eko, yang saat menjadi tentara gadungan mengaku bernama Fendy dengan pangkat kapten. Keluarga curiga, Eko alias Fendy ini mengaku cuti, namun kelewat lama.

Diwawancarai harian ini, Eko mengaku, ia menjadi tentara gadungan sudah dua bulan. Alasan dia pura-pura menjadi anggota TNI tak lain demi kekasihnya yang bernama Wiwin. “Saya punya pacar selalu ditelepon laki-laki. Supaya laki-laki itu takut dan tidak menganggu pacar saya lagi makanya saya pura-pura menjadi anggota TNI,” kata Eko polos. Wiwin pacar Eko merupakan mahasiswi yang mengenyam pendidikan di salah satu akademi di Tarakan.

Eko yang bermukim di RT 4 Kelurahan Karang Balik Kecamatan Tarakan Barat ini juga membawa kabur uang pacarnya senilai Rp 6 juta. “Mengenai uang yang saya bawa itu saya tidak bermaksud menipu, tapi saya sudah janji akan menggantinya,” cetusnya kepada wartawan. (noi/iza)

Sumber : radartarakan.co.id (14 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com