Kamis, 06 Oktober 2011

Total 51 Kepala Sekolah Dilantik Walikota Tarakan

. Kamis, 06 Oktober 2011

19 Nama Bergeser ke Sekolah Lain

TARAKAN – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Tajuddin Tuwo menepati janjinya segera menyelesaikan persoalan rekrutmen calon kepala sekolah. Pagi ini (6/10) sekitar pukul 08.00 Wita di Gedung Serbaguna Kantor Walikota Tarakan, rencananya ada 32 nama yang telah mengikuti proses rekrutmen sejak akhir 2010 akan dilantik sebagai kepala sekolah yang baru.

Tajuddin menjelaskan, dengan dilantiknya kepala sekolah yang baru tersebut, pejabat lama dengan otomatis akan dicabut tugas tambahannya sebagai kepala sekolah dan akan didinaskan di sekolah masing-masing sebagai guru dan sebagian akan ditugaskan sebagai guru di sekolah lainnya.

“Kepala sekolah ini kan tugas tambahan. Setelah tidak menjabat, maka akan didinaskan kembali sebagai guru,” kata Tajuddin Tuwo kepada Radar Tarakan kemarin (5/10).

Sedangkan untuk menempatkan kepala sekolah yang telah habis masa jabatan ini ke Dinas Pendidikan, baik sebagai pengawas atau penilik sekolah yang bersangkutan mesti melalui mekanisme yang telah ditetapkan.

“Untuk dipromosikan jadi pengawas atau penilik maka harus melalui tes dulu, itu prosedurnya,” kata mantan kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tarakan.

Tajuddin juga berharap, kepala sekolah yang baru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan meningkatkan kinerjanya sehingga mutu pendidikan di Tarakan menjadi lebih baik lagi. “Sekarang sudah baik, tapi saya harap bisa lebih baik lagi,” harap pria yang pernah menjabat kepala SMA 1 Tarakan.

Masih kata Tajuddin Tuwo, kinerja dari kepala sekolah ini termasuk yang baru menjabat akan terus dilakukan penilaian oleh tim pertimbangan pengangkatan kepala sekolah yang terdiri dari 3 unsur seperti Dewan Pendidikan, Pengawas Sekolah plus dari Dinas Pendidikan sendiri. Selain peningkatan mutu, juga nantinya sebagai pertimbangan untuk mengambil kebijakan apakah layak atau tidak untuk dilakukan perpanjangan masa jabatan. Jadi kepala sekolah diharapkan mampu memperlihatkan kredibilitas, kinerja dan kemampuannya untuk memimpin sekolah.

“Tingkat keberhasilan seorang kepala sekolah nanti akan ditentukan dari penilaian yang dilakukan oleh tim tersebut,” ujar Tajuddin Tuwo.

Sementara, di samping akan melantik 32 kepala sekolah baru, 19 nama kepala sekolah juga akan dilakukan pelantikan pagi ini untuk menduduki jabatan kepala sekolah di sekolah yang baru. Ke-19 kepala sekolah lama yang akan dilakukan pergeseran ini di antaranya ada yang berasal dari sekolah di daerah pesisir dan dipindah ke sekolah di perkotaan.

“Pergeseran ini juga tidak terlepas dari hasil penilaian dari pengawas sekolah beserta tim tentang kinerja kepala sekolah. Jadi seluruhnya yang akan dilantik besok (hari ini) sebanyak 51 kepala sekolah,” kata Tajuddin Tuwo.(jnu)

Sumber : radartarakan.co.id (6 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com