Selasa, 05 Juni 2012

Tarakan Terima 10 Penghargaan

. Selasa, 05 Juni 2012

Piala Adipura dan 9 Piala Adiwiyata

Tarakan Terima 10 Penghargaan TARAKAN – Hari ini (5/6), warga Kota Tarakan boleh tersenyum. Pasalnya, ada 10 penghargaan bidang lingkungan hidup yang akan diterima oleh pemerintah kota atas nama masyarakat Kota Tarakan. Selain Piala Adipura yang merupakan prestasi paling bergengsi, hari ini pemerintah kota juga menerima 9 penghargaan Adiwiyata. 7 sekolah menerima penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi di Samarinda, satu Adiwiyata Nasional dan satu sekolah mendapatkan Adiwiyata Mandiri di Jakarta. “Total ada 10 penghargaan yang akan diterima pada hari yang sama besok (hari ini, Red.),” kata Firmananur, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Tarakan.

Lebih detailnya, sekolah yang mendapatkan piala Adiwiyata Mandiri adalah SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 1 Tarakan dan penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. “Piala ini akan diterima bersamaan dengan Piala Adipura. Piala Adipura diterima langsung oleh Walikota Tarakan (H Udin Hianggio) dan Piala Adiwiyata Mandiri diterima Kepala SMP Negeri 1 Tarakan,” ujar Firman.

Selain SMP 1, SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Tarakan juga menerima Piala Adiwiyata Nasional yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya. Penyerahan dilaksanakan malam ini di Grand Sahid Hotel dalam acara peringatan hari Lingkungan Hidup Nasional.

Tidak hanya itu, ada 7 sekolah lainnya yang juga menerima piala Adiwiyata tingkat provinsi. Yaitu Sekolah Dasar (SD) Negeri 024, SD Negeri 020, SD Negeri 018, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 5 dan SMK Negeri 1 Tarakan. Ketujuh sekolah yang menerima Piala Adiwiyata tingkat provinsi ini, akan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, H Awang Farouk Ishak di Samarinda malam ini. “Semua piala ini diberikan pada 5 Juni bersamaan dengan penyerahan Adipura dan Adiwiyata di istana Negara RI,” kata Firmananur.

Dijelaskan Firmananur, penghargaan Adiwiyata ini terbagi menjadi empat tingkatan. Yaitu dimulai dari tingkatan Adiwiyata Kota, Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri. “Ini adalah piala Adiwiyata Mandiri untuk pertama kalinya yang kita terima dari presiden langsung,” ujarnya.

Pihaknya berharap, prestasi yang diraih sekolah-sekolah ini juga diikuti oleh sekolah-sekolah lain. “Target kita bisa menjadi kota dengan Sekolah Adiwiyata terbanyak di Kalimantan Timur,” harap Firman.

Terpisah, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Tarakan, Subono mengaku bangga dengan prestasi yang diraih kota Tarakan kali ini. Menurutnya, usaha keras yang telah dilakukan pemerintah bersama seluruh pihak dan masyarakat kota Tarakan akhirnya diakui pemerintah pusat.

Rencananya, pada hari Kamis (7/6), seluruh piala penghargaan yang diterima pemerintah kota akan diarak keliling kota Tarakan dan akan melibatkan seluruh kelompok masyarakat. Piala yang akan diarak pemerintah kota adalah Piala Adipura, Piala Adiwiyata, Piala JPIP Award, Piala Stand Terbaik APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) dan Juara Kelompok PKK tingkat nasional.(ddq/ndy)

Sumber : radartarakan.co.id (5 Juni 2012)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com