Kamis, 07 Juni 2007

Tarakan Borneo Raih Adipura 2007 Untuk Kategori Kota Sedang

. Kamis, 07 Juni 2007

Adipura, Milik Masyarakat

Bertepatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kemarin, Pemerintah Republik Indonesia kembali memberikan penghargaan kalpataru dan Adipura kepada sejumlah daerah, termasuk Kota Tarakan.

Seperti disampaikan Kabag Humas Pemkot Tarakan, Ruslan Arifin SE, khusus Tarakan untuk kesekian kalinya mendapat penghargaan dari Presiden RI. Pada kesempatan itu, Kota Tarakan yang diwakili Wali Kota Jusuf SK menerima penghargaan Adipura untuk kategori kota sedang.

“Penghargaan ini adalah milik masyarakat Kota Tarakan. Pemerintah kota sangat berterima kasih kepada masyarakat atas dukungan dan partisipasi menciptakan kebersihan dan keindahan kota ini. Ini kesuksesan masyarakat, kalangan swasta dan pemerintah,” kata Ruslan Arifin atas nama Wali Kota Tarakan yang dihubungi wartawan Radar Tarakan melalui telepon selulernya, tadi malam.

Untuk Kaltim, kata dia, hanya dua kota yang mendapat penghargaan Adipura. Selain Kota Tarakan untuk kategori kota sedang, Kota Balikpapan mendapat penghargaan Adipura untuk kota besar. Selain itu, Pemkab Malinau juga menerima penghargaan Kalpataru dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diterima langsung Bupati Dr Drs Marthin Billa MM.

“Kutai Timur juga menerima penghargaan berupa sertifikat Adipura. Namun penyerahannya tidak di istana negara, tapi di Hotel Sahid Jakarta pada pukul 14.00 WIB, sekaligus acara makan siang bersama,” kata Ruslan.

Dengan penghargaan Adipura tersebut, tentu tugas berat ke depannya adalah mempertahankan dan meningkatkannya. Namun, ia yakin semua itu dapat tercapai atas kerja sama dan komitmen kebersamaan semua komponen yang ada di Kota Tarakan. Salah satunya, melalui kegiatan “Green and Clean” yang akan terus berlanjut.

Ditambahkan, rencananya sepulang dari Jakarta nanti Adipura akan diarak keliling kota. Namun, untuk kepastian lebihlanjut Ruslan mengaku akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah. Mengingat pada tanggal 8 Juni, wali kota bersama kepala daerah se-Kaltim mengikuti rapat pemegang saham BPD yang berlangsung di Kota Batam.

Seperti diberitakan sebelumnya, kesuksesan Kota Tarakan meraih piala adipura karena adanya peningkatan yang siginifikan dalam hal kebersihan dari tahun 2006 lalu ke tahun 2007. Seperti diketahui, tahun 2006 lalu Kota Tarakan yang masuk dalam kategori kota sedang, hanya berhasil menerima piagam adipura dengan kategori The Best Effort. Nah, tahun 2007 ini, Tarakan akhirnya berhasil menembus passing grade yang ditetapkan tim Adipura.

Untuk diketahui, di Kalimantan hanya ada tiga daerah yang berhasil meraih piala Adipura. Untuk kategori kota besar diraih oleh Balikpapan, untuk kota sedang diraih Kota Tarakan, sedangkan untuk kota kecil diraih oleh Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah. “Ini menjadi tantangan berat bagi kita,” kata Kepala DKPP Ibrahim Adam, waktu itu.

Menurutnya dengan kesuksesan ini, masyarakat dan pemerintah kota, harus berusa keras untuk meningkatkan kebersihan kota, sehingga predikat adipura bisa diraih setiap tahunnya.

Menurut Ibrahim, sektor yang paling berpengaruh dalam penilaian tim Adipura adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sekolah, pasar dan drainase.

Disinggung soal masih seringnya banjir melanda kota ini, Ibrahim mengatakan, masalah banjir bukan menjadi bagian dari penilaian tim adipura. Namun penilaian tim terhadap drainase hanya menyangkut sedimen, dan banyak tidaknya sampah yang berserakan.


Adipura Akan Diarak Keliling Kota



Kedatangan Wali Kota Tarakan, dr H Jusuf SK, dan rombongan sepulang dari istana negara usai menerima penghargaan piala Adipura, Sabtu (9/6), akan disambut secara khusus.

Kabag Humas Pemkot Tarakan, Ruslan Arifin SE yang hingga tadi malam masih berada di Jakarta, menyampaikan, sesuai permintaan wali kota, sesampainya di Bandara Juwata nanti selanjutnya piala Adipura akan diarak keliling kota.

“Pak wali memang sudah berpesan, agar setibanya di Tarakan,

piala Adipura yang merupakan milik masyarakat Tarakan tersebut akan diarak keliling kota. Sehingga, seluruh masyarakat bisa melihat langsung piala Adipura tersebut,” kata Ruslan melalui telepon selulernya. Ruslan menyampaikan, usai menerima piala Adipura untuk kategori kota sedang dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Jakarta, sejak kemarin Wali Kota Jusuf SK langsung terbang ke Batam.

Di sana, ia menghadiri pertemuan pemegang saham BPD seluruh Indonesia.

“Insya Allah, Sabtu (9/6) setelah menghadiri pertemuan di Batam, Pak Wali Kota langsung kembali ke Jakarta. Kemudian beliau langsung terbang ke Tarakan sekaligus membawa piala Adipura tersebut,” terang Ruslan yang juga adik kandung Bupati Bulungan, Budiman Arifin.

Namun, Ruslan belum bisa memastikan pesawat yang akan ditumpangi wali kota ke Tarakan nanti. Begitu pula, dengan kepastian jadwal sampainya di Bandara Juwata.

“Paling tidak, siang kita harus sudah mendarat di Tarakan, karena rencananya piala Adipura ini harus diarak keliling kota. Kalau malam tidak mungkin,” terangnya.

Rencana konvoi keliling kota dengan mengarak piala Adipura tersebut akan melalui jalur-jalur protokol di kota ini. Arak-arakan itu, masih menurut rencana juga akan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Termasuk, instansi pemerintah dan swasta, organisasi, kelompok, serta seluruh elemen masyarakat Tarakan.

Sumber : Radar Tarakan

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com