Kamis, 06 Agustus 2009

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009

. Kamis, 06 Agustus 2009

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
Pesta Iraw Tengkayu adalah suatu bagian dari unsur kebudayaan Indonesia yang lahir dan berkembang pada masyarakat tidung sebagai bentuk interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

Tradisi ini untuk memperlihatkan sesuatu tindakan rasa syukur masyarakat yang diberikan melalui aktifitas mereka sebagai nelayan sehingga pesta ini dikonotasikan sebagai pesta laut.

Dalam perjalanan dan perkembangannya tradisi ini (Pesta Iraw Tengkayu) melihatkan resistensi budaya yang tetap berkembang dalam masyarakat dan cukup berpotensi sebagai atraksi daya tarik wisata.

Momen ini telah direspon pemerintah daerah dengan ditetapkan perayaannya dilaksanakan 2 (dua) tahun sekali dirangkaikan dengan peringatan hari jadi Kota Tarakan (Borneo). Secara nasional Iraw Tengkayu juga telah menjadi calender of event pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Info Lebih lanjut mengenai Iraw Tengkayu :
1. Parade nusantara (karnaval budaya)
2. Penurunan padaw tuju dulung
3. Tarakan expo
4. Parade musik dan tari
5. Olahraga tradisional
6. Festival masakan laut dan bakar ikan
7. Olahraga prestasi
8. Pentas musik akhir tahun dan pesta kembang api

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009
Parade Nusantara atau biasa disebut carnaval budaya adalah iring-iringan atau semacam pawai untuk menghantarkan penurunan padaw tuju dulung. Didalam parade nusantara ini diikuti oleh berbagai macam suku bangsa sebagai wujud kebersamaan dan kekeluargaan yang erat dibumi paguntaka.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009
Padaw tujuh dulung (tuju haluan) adalah merupakan sebuah perahu dengan bentuk yang mana diatas perahu tersebut ditempatkan sesaji yang dihaturkan. Bentuk haluan perahu bercabang tiga. Haluan yang ditengah bersusun tiga, haluan yang kanan dan kiri masing-masing bersusun dua, maka terdapat tujuh haluan yang jumlah hari dalam seminggu dimana kehidupan manusia berlangsung dari hari dan seterusnya. Warna perahu terdiri dari kuning, hijau dan merah.

Haluan perahu yang teratas (ditengah) dan perlengkapan lainnya di atas perahu yang berwarna kuning, yang mana warna kuning menurut tradisi budaya suku tidung adalah perlambang suatu kehormatan atau suatu kehormatan atau suatu yang ditinggikan dan dimulyakan. Hanya satu penguasa tertinggi alam semesta yaitu yang maha kuasa Allah SWT. Sang maha pencipta. Diatas perahu terdapat lima buah tiang yang melambangkan sholat lima waktu yang merupakan tiang agama islam. Guna tiang-tiang tersebut adalah tempat mengikat atap dari kain berwarna kuning yang disebut PARI-PARI.

Pada tiang kanan depan terpasang kain kuning ke haluan kanan, demikian pula pada tiang kiri depan memanjang turun ke haluan kiri. Diatas padaw tuju dulung dibuat bentuk seperti rumah dengan atap bersusun tiga yang disebut MELIGAY yang terdapat pintu keempat dindingnya. Didalam meligay diletakkan sesaji berupa makanan.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
Didalam tarakan expo 2009 akan diperkenalkan seluruh budaya yang ada di kota Tarakan
(Borneo). Beraneka ragam kreatifitas dan produk-produk yang mencerminkan kota Tarakan (Borneo) di pamerkan di tarakan expo 2009 ini.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
Untuk meramaikan acara iraw tengkayu 2009 diadakan acara parade musik dan tari, parade musik akan diisi oleh grup-grup band asal bumi paguntaka dan luar tarakan
(Borneo) untuk memperlihatkan kualitas mereka dalam bermusik. Sedangkan parade tari akan diramaikan oleh penari-penari lokal (Kota Tarakan) dan luar kota tarakan.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
LOMBA SUMPIT. Sumpit adalah senjata khas suku dayak yang juga salah satu suku asli kota tarakan, untuk melestarikan sumpit maka diadakan lomba sumpit. Peserta tidak hanya berasal dari kota tarakan akan tetapi berasal dari luar kota tarakan.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
PERAHU/KAPAL HIAS. Salah satu acara untuk meramaikan iraw tengkayu 2009 diadakan perahu/kapal hias.

FESTIVAL MASAKAN LAUT DAN BAKAR IKAN. Dalam acara iraw tengkayu 2009 kuliner juga tidak ikut ketinggalan, masakan laut dan bakar ikan adalah salah satu acara yang menyajikan selera paguntaka dalam seni masakan apalagi kota Tarakan terkenal dengan hasil lautnya. Sehingga kota tarakan kaya akan masakan-masakan yang berasal dari laut.

LARI MARATON NASIONAL 10 KM. Untuk meramaikan acara iraw tengkayu 2009 diadakan lomba lari maraton dengan menempuh jarak hingga 10 KM, lomba lari maraton ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari berbagai provinsi di indonesia hingga peserta dari luar negeri seperti Negara tetangga kita Malaysia. Lomba ini selain meramaikan acara iraw tengkayu juga dapat menumbuhkan juara-juara baru dalam bidang olahraga atletik khususnya lomba lari.

Iraw Tengkayu - Visit Tarakan Desember 2009 - East Borneo Indonesia
PENTAS MUSIK AKHIR TAHUN DAN PESTA KEMBANG API. Sebagai penutup dari acara iraw tengkayu 2009 diadakan pentas musik dan pesta kembang api, ini bersamaan dengan akhir tahun dan akan menyambut pergantian tahun. Pentas musik akan diisi oleh Band-band terkenal diindonesia seperti hijau daun.


Sumber : Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (DISBUDPARPORA) Tarakan


Iraw Tengkayu. Anniversary Celebration Desember 2009. Visit Tarakan Desember 2009. East Borneo Indonesia.

Foto : Iraw Tengkayu Pesta Rakyat Tarakan

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com