Senin, 12 April 2010

Tarakan Menjadi Entry Point SAIL Indonesia 2011

. Senin, 12 April 2010

Borneo, Hotel Swiss-Bell Tarakan,- Hari Sabtu dan Minggu (10 – 11/04) telah berlangsung Rapat Rencana Kerja SAIL INDONESIA 2011, yang dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah Kabupaten dan Kotamadya di wilayah Indonesia

SAIL INDONESIA 2011, yakni kegiatan yang terkait dengan maritim dan kebaharian Indonesia. Dalam kegiatan ini, akan ada kerjasama antar kota dan kabupaten yang wilayahnya terletak di pesisir laut dan terbentuknya Jalur Wisata Bahari Nasional. Selain itu dapat mengangkat taraf hidup masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dalam aspek ekonomi, pendidikan, motivasi dan inovasi.

Dalam Rapat Rencana Kerja ini juga dibahas tentang CAIT (Clearance Approval for Indonesian Territory), yaitu kemudahan akses masuk di wilayah Indonesia, dan CIQP (Custom Immigration Quarantine Port), yaitu proses keimigrasian, bea cukai dan karantina pelabuhan.

Kedua hal ini penting bagi para pelancong dari mancanegara yang menggunakan kapal layar/ pesiar (yacht) yang berencana datang mengunjungi kota atau kabupaten di wilayah pesisir yang mempunyai pelabuhan agar menggunakan CAIT dan CIQP ini, dengan maksud untuk memudahkan para pengunjung pelaut mancanegara (foreign sailor / yachter) apabila akan bersinggah di pelabuhan-pelabuhan destinasi dalam SAIL INDONESIA 2011.

Dalam Agenda SAIL INDONESIA 2011, Tarakan menjadi salah satu Destinasi sekaligus menjadi ENTRY POINT atau kota pertama yang dikunjungi di Wilayah Utara Indonesia. Untuk itu Tarakan diharapkan dapat mempersiapkan dan merencanakan segala hal yang terkait dalam SAIL INDONESIA 2011, seperti dalam aspek pariwisata dan kebaharian.

Rencananya panitia akan mengadakan audisi dengan Presiden atau Wakil Presiden agar program ini mendapat payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres) sehingga SAIL INDONESIA bisa menjadi agenda nasional tetap dalam program pariwisata nasional.

Pada Sabtu malamnya diadakan “Dialog Khusus” di Tarakan TV yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Tarakan, Effendi Djuprianto dan Wakil Walikota Tarakan, Suhardjo Trianto dengan para tamu Panitia SAIL INDONESIA 2011.

Dalam Dialog tsb, Ketua Yayasan Cinta Bahari Indonesia, Raymond Lesmana memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Rapat Rencana Kerja SAIL INDONESIA 2011 di Tarakan.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Tarakan atas terselenggarnya acara ini, semoga agenda SAIL INDONESIA 2011 dapat berjalan dengan lancar dan baik,” jelas Raymond.

Masih dalam kesempatan yang sama, Raymond berharap agar Pemerintah Kota Tarakan terus berbenah dan mempersiapkan diri dalam bidang pariwisata untuk menyongsong program SAIL INDONESIA 2011. Dalam Rapat Dan Rencana Kerja tersebut juga dibahas agenda SAIL BANDA 2010.

FRD – DD, Humas & Informatika

Sumber : TarakanKota.Go.Id (12 April 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com