Sabtu, 18 April 2009

Mei 2009, Barongsai Tarakan Borneo Tarung di Shanghai

. Sabtu, 18 April 2009

TARAKAN - Barongsai Tarakan kembali akan bertarung memperebutkan gelar juara Mei mendatang di Kota Shanghai, China. Adalah suatu kebanggaan, Barongsai Tarakan didaulat mewakili Indonesia dalam kejuaraan tersebut. Nah, sebelum bertolak ke sana, mereka akan mengadakan pertunjukan gratis untuk warga, di Lapangan Tennis Indoor Telaga Kramat, Sabtu malam minggu ini (18/4), pukul 19.30 Wita.

“Selama ini kami sering tampil dan berlaga di kejuaraan dunia. Tetapi sangat jarang yang benar-benar tampil untuk warga. Paling-paling outdoor bukan indoor. Inilah penampilan perdana kami di lapangan indoor di Tarakan Borneo,” kata Sekretaris Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Tarakan, Hengdy Leonardo, kepada Radar Tarakan, kemarin.

Hengdy –panggilan akrabnya—mengimbau kepada warga Tarakan untuk beramai-ramai menonton pertunjukan barongsai tersebut. “Pertunjukan ini gratis. Pokoknya tak dipungut biaya-lah. Mohon doanya saja, supaya pertunjukan lancar, selancar pertunjukan kami nanti di kejuaraan barongsai dunia yang ke-4 di Shanghai,” harapnya.

Dia menambahkan, dalam pertunjukan nantinya ada tiga tim barongsai binaan PSMTI yang akan tampil. “Paling mendebarkan adalah pertunjukan tonggak. Kita akan lihat bagaimana singa menari-nari dan meliuk-liuk serta melompat di atas tonggak-tonggak besi. Reaksi penonton pastinya tak kalah seru,” tutur Hengdy lagi.

DIUNDANG DAHLAN ISKAN

Usai tampil di Tarakan, awal Mei nanti Barongsai Tarakan juga akan mengadakan pertunjukkan serupa khusus untuk masyarakat di Surabaya, Jawa Timur. Kali ini mereka tampil atas undangan CEO Jawa Pos Group Dahlan Iskan yang juga ketua Persatuan Seni dan Olahraga Barongsai Indonesia (Persobarin).

“Kebetulan di Surabaya ada kejuaraan barongsai juga. Kami tak ikut lomba, hanya show saja. Karena kami dianggap sudah juara dunia,” kata Hengdy lagi.

Desember 2006 lalu, di kota inilah untuk kali pertama Barongsai Tarakan meraih juara dunia mengalahkan tim barongsai dari Hongkong, Thailand, Malaysia, Singapura dan negara lainnya. Barongsai Tarakan sempat menjadi kebanggaan warga Tarakan dan Indonesia. Sejak itulah barongsai ini laris manis tampil di berbagai acara.

Dari Surabaya nantinya, rombongan Barongsai Tarakan yang berjumlah sekitar 20-an orang akan bertolak ke Shanghai setelah transit di Kuala Lumpur. Dari Kuala Lumpur lalu ke Hangzhou. Dari sini rombongan naik bus kurang lebih selama 2 jam menuju Shanghai tempat kejuaraan dunia berlangsung. Kejuaraan di Shanghai adalah kali pertama tuan rumah China menetapkan aturan standar, barongsai untuk even olimpiade.

“Apapun itu Barongsai Tarakan siap bertarung. Mohon doanya agar kami bisa mengharumkan nama bangsa dan negara khususnya Kota Tarakan menuju prestasi barongsai dunia,” pinta Hengdy lagi.(dhe)

Sumber : Radar Tarakan (Jumat, 17 April 2009)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com