Senin, 20 April 2009

Syafruddin : “Hasil Penghitungan Molor, Anggaran membengkak”

. Senin, 20 April 2009

Wisma Patra Tarakan Borneo, - Pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 di Kota Tarakan dan daerah lainnya di Indonesia menjadi salah satu sorotan Ketua KPU Kota Tarakan, Syafruddin, SH. M.Hum, saat berbicara pada Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih Tetap (COKLIT DPT) Pemilu Presiden Dan Wakil Presien 2009, Selasa (14/04).

Dikatakan Syafruddin, pelaksanaan pemilu 2009 ini sangat berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya mencoblos lambang parpol dan jumlah suara untuk kursi dewan berdasarkan nomor urut, sedangkan pemilu 2009 ini mekanismenya dicontreng pada nama caleg untuk mendapatkan suara terbanyak sebagai syarat untuk duduk di kursi dewan. Otomatis hal tersebut memakan waktu yang cukup lama untuk rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK.

Selain itu, waktu pendaftaran DPT yang diberikan sangat singkat hanya sampai dengan jam 12.00 siang, selain itu faktor alam (red, hujan) yang tidak bisa ditebak. Hal ini sangat berpengaruh pada jumlah pemilih yang datang ke TPS – TPS. Namun untuk Kota Tarakan hal tersebut tidak terlalu signifikan.

“Ada yang perlu diketahui realita dilapangan bahwa di salah satu TPS, kegiatan pencontrengan dimulai jam 12.00 siang dan penghitungan suaranya baru berakhir jam 12.00 keesokan harinya,” ujar syafruddin berapi-api.

Dan yang perlu diingat dengan molornya penghitungan suara di TPS – TPS dan tingkat PPK otomatis akan menambah budget, sementara anggaran sudah dipatok dari pusat.

“Untuk menyiasati kekurangan anggaran operasional kami mohon bantuan dari pemerintah daerah, karena untuk mengajukan anggaran ke pusat sudah tidak mungkin, dan mumpung disini ada bapak Wakil Walikota,” imbuh Syafruddin setengah berkelakar dan disambut senyum dan applause peserta Bimtek.

Dari pantauan dilapangan untuk tingkat PPK, memang terlihat sampai dengan tanggal 16 April panitia masih terlihat menginput data suara dari masing – masing TPS. (DD – MR, Humas & Informatika.)

Sumber : TarakanKota.Go.Id (20 April 2009)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com