Selasa, 10 Mei 2011

Dua Sekolah Tarakan Masuk Nominasi Adiwiyata 2011

. Selasa, 10 Mei 2011

TARAKAN - Dua sekolah di Kota Tarakan, masing-masing SMP Negeri 1 Tarakan dan SMK Negeri 1 Tarakan masuk nominasi Adiwiyata tahun 2011 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup.

Untuk SMP Negeri 1 masuk nominasi penghargaan adiwiyata tahap satu atau sekolah adiwiyata. Pasalnya tahun 2010 SMP Negeri 1 ini telah meraih calon sekolah adiwiyata. Sedangkan SMK Negeri 1 masuk nominasi penghargaan calon sekolah adiwiyata.

Terkait nominasi adiwiyata ini, Selasa (10/5/2011) tim penilai dari pusat yang terdiri dari perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan Nasional, dan LSM yang bergerak dibidang lingkungan yang telah ditetapkan Menteri Negara Lingkungan Hidup, mengunjungi dua sekolah ini untuk melakukan penilaian

Ada empat indikator penilaian yang dilakukan dengan komposisi nilai yang berbeda-beda. Pertama, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan dengan nilai 40 persen. Kedua, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan nilai 30 persen. Ketiga, pengembangan kegiatan berbasis pastisipatif nilai 20 persen. Keempat, pengembangan atau pengelolan sarana pendukung sekolah nilai 10 persen.

Kepala Bidang Komunitas Pendidikan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Susi R Sadikin mengungkapkan, pemberian adiwiyata terhadap sekolah yang peduli dengan lingkungan hidup ini telah dilaksanakan mulai tahun 2006.

"Disini kami tidak hanya menilai sekolah yang bersih ataupun sekolah yang hijau karena ada tanamannya. Namun yang kami nilai, bagaimana partisipasi komunitas sekolah yang melibatkan mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, penjaga kebun dan penjaga kantin dalam mengelola dan menjaga lingkungan di sekolah. Itulah yang paling penting kita melakukan penilaian," ungkapnya.

Penulis : Junisah
Editor : Adhinata Kusuma

Sumber : kaltim.tribunnews (10 Mei 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com