Jumat, 27 Mei 2011

Prof. Himawan Adinegoro : Bodoh Bila Lelang Dilakukan Secara Manual

. Jumat, 27 Mei 2011

Prof. Himawan Adinegoro : Bodoh Bila Lelang Dilakukan Secara Manual - Ardiz Borneo
Beberapa Waktu lalu, Senin (23/05), Saat Sosialisasi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dilangsungkan di Gedung Serba Guna Kantor Walikota Tarakan,Prof. Himawan Adinegoro yang didaulat sebagai narasumber memaparkan keunggulan E-Proc.

“E-Proc itu enak, vendor-nya untung, tidak akan rugi, dan panitia lelang bisa tidur pulas” jelas Himawan.

Hal ini dikarenakan, melalui LPSE secara E-Proc dapat memperkecil peluang terjadinya penyuapan ketika kegiatan pelelangan berlangsung yang sering ditemukan pada proses lelang secara manual.

Dalam sosialisasinya, Himawan berharap agar penerapan E-Proc melalui LPSE dapat meningkatkan efisiensi penyerapan anggaran, dikarenakan proses pelelangan dapat dilakukan secara on line.

“Banyak sekali manfaat E-Proc dari pada mudharat-nya, khusnudzon lebih banyak daripada su udhon-nya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan himawan, sudah banyak contoh kasus di beberapa daerah yang berurusan dengan hukum bila lelang dilakukan secara manual. “Dari data yang saya himpun, kasus lelang manual yang bermasalah 90% dari pengadaan barang dan jasa, sedangkan 10%nya dari Penunjukan Langsung (PL),” terangnya mengingatkan.

Himawan juga mengatakan, Tarakan adalah daerah `Terisolasi` dalam artian hanya sebuah pulau kecil yang hanya bisa dijangkau melalui jalur laut dan udara. Jadi alangkah bodohnya bila semua lelang dilakukan secara manual.

“Kenapa saya katakan bodoh? Ya gimana vendor – vendor di kota besar bisa tau ada lelang, kalau lelang disini (red, Tarakan) masih dilakukan manual,” tegasnya.

“Jadi mulai saat ini beralihlah dari manual ke E-Proc, jaman sudah berubah sekarang,” ujar Himawan sebelum menutup sosialisasi tersebut.

MT – DD, Diskominfo Kota Tarakan

Sumber : tarakankota (27 Mei 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com