Redirect to TarakanBais

Selasa, 02 Agustus 2011

Wawali Tarakan Sidak di Pasar Tradisional

. Selasa, 02 Agustus 2011

TARAKAN - Mengantisipasi lonjakan harga sembako, Wakil Walikota Tarakan Suhardjo Srijanto menggelar inspeksi mendadak (sidak), Selasa (2/8/2011). Sidak digelar di dua pasar tradisional, yaitu Pasar Gusher dan Pasar Boom Panjang.

Dalam kesempatan itu, Suhardjo didampingi Kadid Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Subono dan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Untung Prayitno.

Di Pasar Gusher, Suhardjo sempat berdiskusi dengan sejumlah pedagang, terutama yang menjual sembako. Dari penuturan pedagang, saat ini harga masih relatif stabil, seperti beras, telur, dan minyak goreng. Namun diperkirakan akan melonjak naik menjelang lebaran nanti.

Pantauan tribunkaltim.co.id, kenaikan harga terjadi pada ayam potong, dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per ekor. Bahkan, di pasar Boom Panjang, harga ayam potong mencapai Rp 40 ribu per kilo. Kenaikan tersebut diakui pedagang karena kelangkaan bibit di kalangan peternak.

Sementara, untuk harga daging masih stabil, berkisar Rp 80 ribu per kilo. Meski demikian, peminat daging sapi justeru sepi di awal Ramadhan. Hal tersebut diakui pedagang memang kerap terjadi setiap tahun, namun lonjakan permintaan daging sapi baru meningkat tiga hari jelang lebaran.

"Memang begini setiap tahun, selalu sepi kalau awal puasa. Tapi nanti ramai tiga hari sebelum lebaran. Harganya juga bisa ikut naik, jadi Rp 90 ribu per kilo," terang Sholeh, pedagagang daging sapi di pasar Gusher.

Menanggapi kenaikan beberapa bahan di sejumlah pasar Suhardjo menilai wajar, selama kenaikan tersebut tidak terlalu mencolok. "Memang saya yakin dan percaya momentum begini di semua daerah ada kenaikan, tapi selama kenaikan bisa ditoleransi itu wajar-wajar saja," ujarnya. (*)

Penulis : Syaiful
Editor : Sumarsono

Sumber : tribunnews.com (2 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com