Redirect to TarakanBais

Minggu, 26 Juni 2011

Hamsyah : e-KTP, Multi Fungsi

. Minggu, 26 Juni 2011

Hamsyah : e-KTP, Multi Fungsi
Media Center Diskominfo Kota Tarakan, - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tarakan pada Kamis (23/06) kemarin menggelar konfrensi pers dengan beberapa informasi tentang fungsi dan keunggulan e-KTP atau KTP elektronik.

Sekertaris Disdukcapil, Hamsyah, SE menegaskan bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) akan berlaku seumur hidup dan dalam prosesnya hanya akan dilakukan perpanjangan selama lima tahun sekali dan e-KTP ini akan berlaku secara nasional.

“Semua data tersimpan di bank data pusat, jadi semua NIK akan berlaku di seluruh wilayah Indonesia,” tuturnya.

Hamsyah memaparkan, e-KTP juga nantinya bisa digunakan sebagai ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan Nomor klaim asuransi, namun pelaksanaanya masih dalam rancangan oleh kementrian Dalam Negri RI.

“Masih di rencanakan bekerjasama dengan jamsostek dan perbankan,” jalasnya.

Selain itu, ke depannya e-KTP juga difungsikan sebagai portal utama dalam pemasulan data atau pembuatan identitas ganda, hingga kecurangan dalam pembuatan passport.

“Dengan diberlakukannya e-KTP, akan meminimalisir pemalsuan data seseorang yang selama ini sering terjadi,” terang mantan Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik Kota Tarakan.

TT – OZ – DD, Diskominfo Kota Tarakan

Sumber : tarakankota.go.id (24 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com