Kamis, 15 September 2011

Dishub Tarakan Kaji Ulang Rute Trayek Angkutan Umum

. Kamis, 15 September 2011

Lewat Survey School dan Interview

TARAKAN – Untuk menata trayek angkutan umum agar berjalan rapi dan teratur dalam wilayah Tarakan, Dinas Perhubungan melakukan program Survey School dan Interview.

Dalam program tersebut, Dinas Perhubungan saat ini dalam proses tahap pendataan kebutuhan angkutan umum untuk dipakai perjalanan oleh masyarakat, baik untuk perjalanan ke sekolah, ke pasar atau berbelanja, rekreasi, perjalanan kerja, dan sebagainya.

Hasil dari pendataan tersebut nantinya akan dipakai untuk merevisi penentuan zona, kebutuhan angkutan umum termasuk penyesuaian rute jaringan.

Untuk penentuan zona sendiri, instansi yang dipimpin Budi Prayitno tersebut akan memetakan dan mengetahui daerah mana saja yang selama ini tergolong sebagai daerah perumahan, daerah sentra bisnis, zona sekolah, dan zona-zona tertentu lainnya yang memudahkan trayek mengetahui alur perjalanan kota.

“Sedangkan penyesuaian jaringan trayek adalah untuk mengetahui apakah trayek pada zona tertentu sesuai dengan kebutuhan,” kata Kepala Bidang Perhubungan Darat Junaidi kepada Radar Tarakan kemarin (14/9).

Lebih lanjut pejabat Dinas Perhubungan Tarakan itu menjelaskan, jika zona-zona tersebut telah diperbaiki dan ditentukan rute jaringannya, diharapkan pengemudi angkutan umum dapat meningkatkan penghasilan dalam menyediakan jasa angkutan. Sebab, jika zona telah tertata dan rute telah dibuat penumpang atau masyarakat pengguna jasa angkutan umum dapat terlayani dengan baik.

“Intinya kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Pengemudi juga dapat penumpang dan setoran yang diperoleh lebih baik dari biasa,” harap Junaidi.

Pada tahap awal ini, Dinas Perhubungan telah melakukan survei ke beberapa sekolah, khususnya tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Sebab, anak sekolah merupakan pengguna terbanyak angkutan umum dan media yang digunakan untuk survei adalah menggunakan blangko.

“Kami survei secara bertahap dulu karena banyak sekali yang akan dijadikan objek survei nantinya,” ungkapnya.

Setelah selesai ke sekolah-sekolah, target survei selanjutnya adalah ke angkutan umum untuk penentuan faktor muat. Survei ke setiap angkutan umum ini sifatnya adalah dinamis, sedangkan survei ke daerah-daerah tertentu seperti jalan-jalan yang dilalui angkutan umum dan diperkirakan sebagai tempat menarik penumoang angkutan umum sifatnya statis. Untuk survei stastis sendiri sudah dilakukan di beberapa tempat sebagai tahap awal.

Untuk diketahui, saat ini trayek angkutan umum yang beroperasi di Tarakan sebanyak 816 unit untuk angkutan kota, sedangkan angkutan taksi Bandara Juwata sebanyak 33 unit. Ke depannya jumlah tersebut akan direvisi setelah hasil survei yang dilakukan Dinas Perhubungan selesai. (jnu)

Sumber : radartarakan (15 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com