Redirect to TarakanBais

Kamis, 15 September 2011

Tulisan di Akun Facebook Tarakan Ku Dianggap Fitnah

. Kamis, 15 September 2011

Karena Facebook, Walikota Meradang

TARAKAN – Walikota Tarakan, H Udin Hianggio meradang. Walikota mengaku geram dengan apa yang dikatakannya fitnah, di dalam sebuah akun Facebook, Tarakan Ku. Untuk diketahui, akun Tarakan Ku itu memuat beberapa tulisan bernada provokatif, yang intinya menyinggung walikota Tarakan, sekretaris kota Tarakan dan pejabat lainnya.

Kepada media, Selasa (13/9) kemarin pagi, dia mengaku akan membawa permasalahan ini ke ranah hukum guna memberikan ‘pelajaran’ kepada pemilik akun tersebut sekaligus mengklarifikasi status-status yang ditulisnya selama ini. “Saya tidak tahu mau bilang apalagi. Saya ada di Tarakan, eh ditulis saya berobat di Jakarta karena penyakit kronis. Kita doakan sajalah, semoga yang memiliki facebook tersebut dapat diberi petunjuk Allah untuk menyadari kesalahannya,” tandas Haji Udin, kemarin pagi.

Memang di status akun Tarakan Ku ini ada menulis, walikota dikabarkan tengah berobat di Jakarta untuk mengobati penyakit kronis yang dideritanya. Padahal, walikota sendiri sudah hampir seminggu berada di Tarakan dan disibukkan dengan berbagai kegiatan pemerintahan. Selain itu, di akun tersebut menuliskan berbagai tudingan akan bobroknya pemerintahan Kota Tarakan yang melibatkan walikota, Sekretaris Kota Tarakan, dan sejumlah nama pejabat teras Pemkot Tarakan lainnya. Berikut komentar soal berbagai proyek bermasalah di Tarakan, yang disampaikan dengan nada menuding dan provokatif. Juga ada ditulis soal persoalan pembebasan lahan PLTU Sungai Maya yang saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian.

Misalnya pada pukul 11.00 siang kemarin, akun ini kembali menulis, masih soal kaitan lahan PLTU Sungai Maya. Dia menulis “Kasihan si zarkasih tuh!!! Dipanggil untuk ke 8 kalinya pagi ini di Polres dengan agenda pemeriksaan terkait pembebasan lahan!!! Di juata! Zarkasih camat paluy yang ditumbalkan si Udin Cs membeberkan beberapa nama terkait unsure Muspida Tarakan sampai penguasa yang ikut menyantap dana sengketa tanah tarakan utara!!! Dst.

Lantaran persoalan ini menyangkut dunia maya, maka agar dapat menjaring pemilik akun facebook Tarakan Ku, kemungkinan besar Udin akan meminta bantuan pihak kepolisian, utamanya unit kejahatan dunia maya (cyber crime). “Sepenuhnya, penindakan akan kita serahkan kepada aparat. Saya sendiri kaget, masa dituliskan seperti itu. Orang-orang yang sirik seperti ini, mudah-mudahan oleh Allah akan diberi petunjuk untuk segera sadar,” tandasnya.

Dalam penilaiannya, tindakan yang dilakukan Tarakan Ku tersebut adalah sebuah upaya propaganda negatif yang sudah direkayasa dan tertata rapi. Bahkan, informasinya melibatkan kalangan generasi muda terdidik di Tarakan. Tujuan utamanya, menjatuhkan kredibilitas pemerintahan Kota Tarakan yang saat ini pimpin Udin – Suhardjo. “Harapannya, menjatuhkan kredibilitas kepemimpinan saya sehingga saya tidak mampu menuntaskan masa kepemimpinan yang hanya 1 periode ini (lima tahun, red.),” ungkap pria yang sempat menjabat Ketua DPRD Kota Tarakan ini.

“Ada beberapa tulisan yang mengambil komentar saya, tapi hanya sepenggal. Salahsatunya, komen ini, “Kalau jabatan ini bukan amanah, saya akan tinggalkan jabatan saya ini” tapi yang dituliskan di facebook tersebut “saya akan tinggalkan jabatan saya ini”, bukankah ini provokatif dan fitnah namanya,” kesal Udin.

Mungkinkah ini intrik menjelang Pemilukada Kota Tarakan 2014? “Wallahu allam, kalian yang bisa menjawabnya. Tapi saya hanya berharap generasi muda dapat objektif menilai, kalau walikotanya salah, silakan ingatkan. Dan, semua hal yang bernada fitnah seperti ini, harus dilihat secara jernih,” tukasnya. (ndy)

Sumber : radartarakan (14 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com