Rabu, 06 Juli 2011

Kesadaran Pemuda untuk Bela Negara Menurun

. Rabu, 06 Juli 2011

TARAKAN – Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Dari itu, bela negara adalah hal mutlak untuk dilakukan setiap warga negara Indonesia. Hal ini disampaikan kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bankesbangpol-Linmas) Tarakan Agus Sutanto pada acara Sosialisasi HAM Bagi Ormas dan Tokoh Masyarakat di Tarakan, kemarin di Ruang Imbaya. “Pemuda dan bela negara itu kebutuhan. Dan, menjadi keharusan bagi pemuda untuk ikut bertanggungjawab mengemban amanat penting ini. Bila pemuda sudah tidak memiliki kesadaran mengenai bela negara maka ini merupakan bahaya besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Agus.

Lanjutnya, kondisi bangsa Indonesia saat ini merupakan salahsatu indikator bahwa sebagian pemuda Indonesia mengalami penurunan kesadaran dan pentingnya bela negara. “Ancaman terhadap bela negara, itu muncul dari luar negeri juga datang dari dalam negeri. Nah, yang dari dalam negeri ini lebih mendominasi serta harus lebih diwaspadai. Caranya, kita harus mensyukuri keberagaman etnis, bahasa dan agama yang ada di tanah air tercinta,” terang Agus, kemarin. Tapi, harus disadari pula bahwa keberagaman tersebut mengandung potensi konflik yang apabila tidak dapat dikelola dengan baik akan dapat menjadi sumber terjadinya disintegrasi bangsa.

Nah, apa saja yang dapat mengganggu kesadaran bela negara di tingkat pemuda? “Semakin tipisnya kesadaran dan kepekaan sosial di tingkat pemuda. Lalu, penguasaan iptek yang tidak merata bagi pemuda,” singkat Agus pada acara yang dihadiri Wakil Wali Kota Tarakan Suhardjo, Eka Juraidah (perwakilan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kaltim), dan kepala Bagian Hukum Setkot Tarakan H Budiono.

Lantas, apa yang harus dilakukan pemuda? “Membangun kesadaran bahwa dengan mampu menjaga citra pemuda, sudah menjadi bagian dari menjaga negara ini dari keterpurukan dan tentunya memperkuat identitas kita. Dan, memantapkan Pancasila sebagai pandangan hidup dengan menjaga Pancasila dan menjalankan amanat yang terkandung didalamnya,” tukasnya.(ndy)

Sumber : radartarakan.co.id (6 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com