Jumat, 01 Juli 2011

Sekolah di Tarakan Antisipasi Pendaftar Berjubel

. Jumat, 01 Juli 2011

Hari Ini, Pendaftaran Calon Siswa Baru Dimulai

TARAKAN - Hari ini (1/7), pendaftaran peserta didik baru dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung 3 hari, yakni selain hari ini, besok (2/7) dan Senin (4/7). Beberapa sekolah negeri yang menjadi incaran orang tua pun sudah siap jauh hari sebelumnya.

“Sudah siap semuanya, tinggal pelaksanaan,” ungkap Wakil Kepala SMP 3 Tarakan, Lamberi kepada Radar Tarakan kemarin (30/6).

Agar lebih siap, mereka pun menggelar simulasi layaknya pendaftaran yang sebenarnya. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya di SMP 3, harus melewati 3 loket, yakni loket pertama untuk pengambilan berkas, loket kedua untuk pengembalian berkas dan loket ketiga untuk pengembalian berkas bagi siswa yang tidak diterima. Ketiga loket ini dinilai Lamberi ampuh menekan kemungkinan pendaftar berjubel akibat lama menunggu.

“Prosesnya sama dengan tahun sebelumnya,” ujar Lamberi yang pagi itu memimpin langsung simulasi pendaftaran peserta didik baru di sekolahnya.

Antisipasi lain, sebut Lamberi, loket 3 sebagai tempat pengembalian berkas juga digunakan sebagai tempat mengarahkan orang tua. “Biasanya kita arahkan ke MTs Negeri atau SMP 10 kalau tidak diterima dan baru-baru ini ada usulan lagi dari SMP KUMI, jadi Insya Allah kita arahkan ke sana untuk mengantisipasi pendaftar berjubel di sini,” terang pria berkacamata ini.

Tidak hanya itu, agar orang tua tidak berlama-lama di area pendaftaran, input data dilakukan dengan sistem komputerisasi yang hasilnya dipaparkan melalui slide juga dinilai sangat membantu.

“Nilai langsung diranking berdasarkan nilai SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional). Karena besok waktunya pendek, makanya kita lakukan dari jam 8 sampai jam 11,” katanya.

Tak jauh berbeda, SMA 2 Tarakan juga menggunakan tata cara pendaftaran seperti tahun sebelumnya, namun sedikit berbeda dengan SMP 3 yang menyediakan 3 loket.

“Kita siapkan beberapa loket yang semuanya untuk mengambil formulir pendaftaran gratis sekaligus nomor peserta,” ujar Kepala SMA 2 Tarakan, Haryano kepada wartawan.

Setelah formulir diisi, pendaftar diarahkan mengembalikan formulir tersebut sembari menunggu hasil jurnal yang diumumkan melalui slide. “Pada dasarnya kita sudah siap, tahun-tahun sebelumnya tidak ada masalah, jadi tahun ini Insya Allah tidak masalah,” katanya.

Untuk tingkat dasar, SD Utama 2 juga punya cara yang tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. “Tahun lalu begini juga,” ujar Ketua Panitia PPDB, Paino kepada media ini. “Kita umumkan lewat jurnal yang bisa dilihat sore hari,” katanya usai dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Sudirman terkait persiapan PPDB hari ini.

Usai menuntaskan kunjungannya ke sejumlah sekolah, Sudirman menegaskan, pelaksanaan pendaftaran hari ini dipastikan berjalan lancar.

“Alhamdulillah, sekolah-sekolah sudah siap. Mungkin kekhawatiran pihak-pihak tertentu itu, mungkin dikarenakan pendaftaran besok (hari ini, Red) dimulai hari Jumat karena waktunya pendek,” ujar Sudirman usai memastikan persiapan sejumlah sekolah, yakni SMA 2, SMP 3 dan SD Utama 2 didampingi Kepala Bidang Pendidikan Menegah, Aswadi SPd.

“Percayalah, semua akan bisa dilayani dengan baik. Karena, prinsip dari pendaftaran ini adalah semua anak harus sekolah,” lanjut Sudirman.

“Besok pagi (hari ini, Red.), orang tua pasti berbondong-bondong datang mendaftar. Nah saran saya, tidak usahlah begitu, masih ada waktu besoknya dan kalau sudah melihat anaknya tidak diterima, silahkan mendatangi alternatif sekolah lain, karena prinsip utamanya, anak harus sekolah,” tegas Sudirman.(nat)
Sumber : radartarakan.co.id (1 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com