Selasa, 20 September 2011

Karang Anyar Pantai Tertinggi Kasus DBD

. Selasa, 20 September 2011

Gertak 3 M Dipadukan Aksi Bersih-Bersih se-Kota Tarakan

TARAKAN – Tren kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tarakan terbilang menurun. Meski demikian, kewaspadaan masyarakat terhadap DBD tidak boleh mengendur.

Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tarakan untuk kembali memompa semangat masyarakat menggiatkan program “3 M” yang merupakan upaya paling efektif mencegah DBD melalui dicanangkannya kembali program Gerakan Serantak (Gertak) 3M.

Rencana kegiatan tersebut akan dikolaborasikan dengan kembali dilaksanakannya Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan yang dilaksanakan pada Minggu, 25 September nanti di seluruh Tarakan.

“Untuk pencanangan “Gertak 3 M” akan dipusatkan di Kelurahan Karang Anyar Pantai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tarakan dr Khairul MKes kepada Radar Tarakan kemarin (19/9).

Dipilihnya Kelurahan Karang Anyar Pantai kata Khairul, mengingat kasus DBD di wilayahnya tertinggi untuk wilayah Tarakan. Tahun ini hingga data per-6 September ditemukan 20 kasus DBD di wilayah berpenduduk 17.845 jiwa (berdasarkan data penduduk 2010). Angka ini menyamai kasus yang terjadi di tahun 2008. Bahkan, 44 kasus DBD ditemukan di Kelurahan Karang Anyar Pantai pada tahun 2009 dan menurun di tahun 2010 (15 kasus DBD).

“Kalau secara keseluruhan se-Kota Tarakan memang tren kasus DBD relatif menurun, tapi Kelurahan Karang Anyar Pantai tertinggi kasus DBD-nya untuk tingkat kota,” beber Khairul.

Melalui “Gertak 3 M” yang meliputi menguras tempat penampungan air secara rutin, kemudian menutupnya rapat-rapat agar tidak dijadikan sarang nyamuk Aedes aegypti yang merupakan vektor DBD, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air dan dijadikan tempat berkembang biaknya vektor DBD tersebut.

Melalui kegiatan ini, lanjut Khairul menyampaikan, pihak Dinas Kesehatan melalui timnya akan membagikan bubuk abate secara gratis ke rumah-rumah. Total ada sekitar 2,5 ton bubuk abate yang disiapkan dan diyakini memenuhi kebutuhan untuk seluruh rumah di Kota Tarakan yang jumlahnya diperkirakan mencapai 27 ribu rumah.(ris)

Sumber : radartarakan (20 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com